Sabtu, 26 November 2011

Gaya Mahasiswa

Mahasiswa rantau, makan tak teratur
Senen makan, Selasa puasa
Rabu ngutang, eh Kamis dibayar
Jum’at lapar lagi
Sabtu makan lagi
Minggu ngutang lagi
Senen balik lagi

Rambut metal gondrong
celananya bolong
Jarang makan, apalagi jajan
Pacar tiada, duit pun tak punya
Utang di mana-mana


Itulah sepenggal lirik lagus PHB (Pemuda Harapan Bangsa) berjudul "mahasiswa rantau. PHB adalah band mahasiswa era akhir 1970 hingga pertengahan 1980. Lagu-lagu mereka campuran dangdut, keroncong dan pop yang dibawakan secara akustik. Aransemennya tidak rumit, karena cuma gitar, kecrek dan kendang. Mungkin begitulah hiburan mahasiswa-mahasiswa zaman dulu. Nyanyi-nyanyi di depan kost dengan alat musik seadanya. Band yang semisal adalah PSP (Pancaran Sinar Petromak) dengan lagu "Gaya Mahasiswa".

Itulah mahasiswa zaman dulu yang memang "makan tak teratur". Sudah biasa juga guru-guru saya di SMA menceritakan perihnya jadi mahasiswa rantau. Makan bisa sehari sekali. Lauknya pun cuma pakai cabe dan nasi. Pokoknya serba kekurangan. Boleh ngutang di warung saja sudah bagus. Utang piutang sudah biasa terjadi antar mereka, karena uang bulanan tak jelas datang. Wesel tak secepat dan sepraktis ATM.

Sekarang sudah tidak ada lagi mahasiswa seperti itu. Semua sudah maju. Uang bulanan lancar. Tinggal sms sebentar, rekening pun dalam tempo yang sesingkat-singkatnya sudah terisi rupiah. Hiburan pun tak lagi pake kecrek atau gitar butut. Mereka bisa pergi ke kafe yang hanya hitungan langkah dari kampus atau kos. Di sana ada live band dan kalau ada acara-acara tertentu ada sexy dancer. Rambut mereka tak gondrong dan celana mereka tidak bolong. Soalnya di seberang kampus berjejer salon-salon dan toko-toko baju. Jangan ditanya soal model baju dan gaya bajunya, sudah pasti up to date dan ga beda dengan tren di ibu kota. Lagu-lagu mereka pun tak lagi nelangsa dan kesengsaraan jadi mahasiswa rantau. Tema lagu sudah lebih maju dan berkaitan dengan hal-hal penting dalam kehidupan : cinta. Ada tentang dilema ketika menyukai pacar teman (Cherrybell) ada juga tentang kebencian pada cowo playboy (7 icons).

Selamat tinggal mahasiswa memble. Selamat tinggal mahasiswa miskin.

Akhirnya semua mahasiswa kita kaya, gaul, modern, punya gaya dan tidak kampungan.

Alhamdulillah...

*terdengar di kejauhan..."mahasiswa rantau....."

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons